Senin, 21 Maret 2011

Sungai Landak, Berwisata Air Bagai di Venesia


Tak perlu jauh-jauh ke Venesia, Italia untuk menikmati romantisme wisata perairan. Karena Indonesia juga memiliki tempat yang menarik untuk dikunjungi, yaitu Sungai Landak. Di sini, anda bisa merasakan romantisme kota perairan yang tak kalah dengan kota Venesia, yang terkenal dengan kemajuan perairan dan transportasi air nya.


Indonesia yang memiliki wilayah perairan memang membuat semua penduduknya tak dapat melupakan indahnya warisan alam tersebut. Sebagai negara kepulauan, rakyat Indonesia tak asing lagi dengan hadirnya sungai, yang kemudian diperuntukkan bagi kebutuhan masyarakat sehari-hari.


Salah satunya adalah Sungai Landak, yang terletak di daerah Ngabang, Kalimantan Barat. Sungai Landak adalah salah satu dari anak sungai Kapuas, yang merupakan sungai terpanjang di Indonesia. Sungai ini seakan membelah kota Ngabang dan Pontianak.

Di antara Sungai Kapuas dan Landak, ada dua jembatan yang membentang, yaitu Jembatan Kapuas sepanjang 410 Meter dibangun tahun 1983, menghubungkan Pontianak Selatan dengan Timur.


Sedangkan Jembatan Landak sepanjang 319 Meter menyambungkan Pontianak Timur dengan Utara. Mobilitas kendaraan darat dan manusia yang lalu-lalang dikedua jembatan ini cukup padat, terutama pada pagi dan sore hari. Pejalan kaki dan pengendara sepeda berjalan di jalur khusus yang terletak di kiri-kanan jembatan.

Orang Kalimantan menyebutnya dengan Jembatan Belanda. Karena jembatan tersebut telah ada sejak zaman penjajahan Belanda, dengan arsitektur klasik ala Belanda.


Mau menikmati sensasi ala Venesia? Bisa kok. Anda tinggal menyewa sampan yang ada di sekitar perkampungan air di sana.

Karena wilayah Kalimantan didominasi oleh perairan, maka setiap tahunnya, di sini juga diselenggarakan lomba mendayung, yang biasanya tergabung dalam festival adat dan kebudayaan Kabupaten Landak.


Jadi, untuk menikmati romantisnya wisata perairan, tak perlu jauh-jauh ke Venesia kan?


(Arnelia Triwardini/DN/bd)

sumber: http://bit.ly/hV4Y3b

Tidak ada komentar:

Posting Komentar