Kamis, 18 Maret 2010

Lebih Jauh Mengenal Cina






Saat santai, anda bisa membaca buku menarik untuk menjadi referensi Buku ini berjudul Cina, sebuah potret bangsa, alam, dan budaya.


Buku tersebut merupakan buku referensi lengkap untuk dapat mengenal Cina, salah satu bangsa terbesar dan negara terluas didunia.

Buku tentang negara Cina ini dibagi dalam beberapa bagian yaitu mengenai alam,sejarah, budaya, arsitektur dan satu bagian unik mengenai para penduduk Cina. Sekitar 700 foto indah menghiasi buku setebal 360 halaman ini. Bagian awal membawa kita pada berbagai bentangan alam Cina yang dihiasi dengan bait-bait puisi Cina.

Para pembaca menjadi sadar betapa beragamnya alam Cina, mulai dari salju ke padang pasir, pegunungan ke dataran rendah, hingga hutan dan ladang pertanian. Bagian berikutnya membuka kita pada sejarah panjang bangsa Cina. Informasi dibagian ini dibagi dalam paragraf-paragraf pendek serta diperkaya tulisan lain untuk lebih detailnya.

Di bagian sejarah ini terdapat entri mengenai masa pra sejarah Cina,masa kejayaan kekaisaran Cina, Cina masa Mao Zedong, hingga Cina saat ini. Semuanya dihiasi berbagai foto dan gambar dari lukisan maupun artefak.Salah satu bagian paling menarik dari buku ini adalah mengenai kehidupan para penduduk di Cina.

Melalui esai foto dapat saksikan dengan mata kita kehidupan seorang anak sekolah di Shaanxi, seorang dokter yang mempertahankan tradisiramuan obat-obatan tradisional Cina, seorang rahib Buddha, hingga sang penjual jangkrik.

Tak lupa ada pula bagian mengenai budaya dan arsitektur Cina. Budaya Cina mencakup filsafat, lukisan, sastra, hingga opera Peking yang terkenal itu. Adapun arsitektur Cina menampilkan berbagai jenis bangunan di Cina, seperti Wu Fang Ting yang didirikan pada dinasti Ming akhir (abad ke-16), Kuil Kahyangan tempat para kaisar Cina melakukan upacara paling keramat kekaisaran Cina, hingga pencakar langit Menara Jin Mao yang berlantai 88, semuanya dalam foto-foto menawan dan indah.

Buku ini sangat sesuai bagi anda yang ingin mengenal dan mempelajari lebih mendalam mengenai negara dan bangsa Cina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar