Senin, 22 Maret 2010

Sang Pemimpi, Ajak Anak Muda untuk Terus Bermimpi





Hampir genap setahun dari premier film Laskar Pelangi pada bulan September 2008, kini Miles Films dan Mizan Productions telah siap berkolaborasi kembali untuk meluncurkan sekuel film tersebut, yaitu Sang Pemimpi.

Film ini begitu sarat akan nilai moral. Seperti film Laskar Pelangi, yang berhasil mendulang sukses. Sang Pemimpi diharapkan bisa mengikuti jejak Laskar Pelangi.

Sang Pemimpi merupakan adaptasi dari novel berjudul sama , karya Andrea Hirata. Jika Laskar Pelangi bercerita tentang Ikal dan kawan-kawannya semasa SD, maka Sang pemimpi berkisah tentang Ikal, dan saudaranya Arai, serta sahabatnya Jimbron semasa mereka SMA.

Film ini penuh dengan pembelajaran. Dimana seorang anak, karena terinspirasi oleh mimpi yang selalu dikisahkan oleh guru mereka, Pak Balia. Pak Balia mengajarkan untuk mengejar mimpi hingga ke Eropa.

Ketiga sahabat tersebut lantas bekerja sampingan usai sekolah. Mereka kerja sebagai buruh di pelabuhan Manggar. Uang yang terkumpul sedikit demi sedikit ditabung.

Banyak adegan yang bisa membuat penonton meneteskan air mata. Salah satunya, ketika tabungan mereka bertiga akhirnya diberikan kepada ayah Ikal, yang terkena PHK.

Keharuan pun muncul ketika ayah Ikal mengambil rapor untuk anaknya. Yang biasanya mendapatkan juara kelas, namun kali ini harus mendapatkan nilai paling buruk, karena sang anak lebih sibuk bekerja di pelabuhan.

Namun, rasa bersalah terhadap sang ayah membuat Ikal bangkit, dan para pemimpi pun kembali berlari bersama.

Dalam Sang Pemimpi, produser Mira Lesmana dan sutradara Riri Riza kembali menghadirkan ramuan yang istimewa karena racikannya yang terdiri dari potensi acting bintang film kawakan dengan jam terbang tinggi yang sudah tak asing lagi di masyarakat, dan segarnya kehadiran pendatang baru. Zulfani yang sempat beraksi sebagai Ikal kecil dalam Laskar Pelangi, hadir bersama Mathias Muchus dan Rieke Diah Pitaloka sebagai orangtua Ikal.

Lukman sardi masih berperan sebagai Ikal dewasa.Peran Ikal, Arai, dan Jimbron rmaja dipernkan oleh pendatang baru asli Belitung, yaitu Vikri Septiawan, Rendy Ahmad, dan Azwir Fitrianto. Tak ketinggalan, film ini pun menghadirkan Sandy Pranatha , juga anak asli Belitung, sebagai Arai kecil.

Terlibat pula Nugie sebagai Pak Balia, Landung Simatupang sebagai Pak Mustar, maudy Ayunda sebagai Zakiah Nurmala, dan Yayu Unru sebagai Bang Rokib. Jay Widjanarko sebagai Bang Zaitun, dan Nazril Irham sebagai Arai dewasa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar